Program Adiwiyata adalah salah satu
program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya
pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan
hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam
kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghidarkan dampak
lingkungan yang negatif.
Dalam implementasinya Kementrian Negara
Lingkungan Hidup berkerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan Program
Adiwayata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah dapat melaksanakan
proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi
melestarikan dan menjaga lingkungan hiudup di sekolah dan sekitarnya.
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ ADI “ dan “ WIYATA “. ADI mempunyai makna besar, agung, baik, ideal atau sempurna.
WIYATA mepunyai makna tempat dimana seseorang menedapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Bila kedua kata tersebut digabungkan, secara kelseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna ; Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita – cita pengembangan berkelanjutan.
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ ADI “ dan “ WIYATA “. ADI mempunyai makna besar, agung, baik, ideal atau sempurna.
WIYATA mepunyai makna tempat dimana seseorang menedapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Bila kedua kata tersebut digabungkan, secara kelseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna ; Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita – cita pengembangan berkelanjutan.
Tujuan Program Adiwiyata adalah
menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran
dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut
dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan hidup
dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah
mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah
dasar dan menengah di Indonesia.
§ Indikator
dan Kriteria Program Adiwiyata
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan beberapa indikator
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
C. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah
Tujuan program Adiwiyata
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan beberapa indikator
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
C. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah
Tujuan program Adiwiyata
menciptakan kondisi yang baik bagi
sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah
(guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga
sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan
lingkungan & pembangunan berkelanjutan.
§
Prinsip-prinsip Dasar
Partisipatif
Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yg meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan & evaluasi sesuai tanggungjawab & peran.
Berkelanjutan
Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana & terus menerus secara komprehensif.
Indikator Sekolah Adiwiyata
Prinsip-prinsip Dasar
Partisipatif
Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yg meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan & evaluasi sesuai tanggungjawab & peran.
Berkelanjutan
Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana & terus menerus secara komprehensif.
Indikator Sekolah Adiwiyata
1.
Pengembangan kebijakan sekolah
2. Pengembangan
kurikulum berbasis lingkungan Pengembangan kegiatan berbasis partisipatif
3. Pengembangan
dan atau Pengelolaan sarana pendukung sekolah
§ Kebijakan
Sekolah
Pengembangan Kebijakan Lingkungan
Pengembangan Kebijakan Lingkungan
1.
Filosofi visi, misi sekolah yang peduli
dan berbudaya, lingkungan
2. Kebijakan
dalam pengembangan materi pembelajaran Lingkungan Hidup
3. Kebijakan
tentang peningkatan kapasitas SDM
4. Kebijakan
penghematan sumber daya alam
5. Kebijakan
untuk pengalokasian dana bagi kegiatan lingkungan hidup
6. Kebijakan
lain yang mendorong terwujudnya sekolah peduli dan berbudaya lingkungan
§ KURIKULUM
/ MATERI PLH
Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
1.
aPengembangan model pembelajaran LH
2. Penggalian
dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat
sekitar (isu lokal)
3. Pengembangan
metode pembelajaran
4. Pengembangan
kegiatan kurikuler bertema LH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar